computer data processing

Pemrosesan data komputer (computer data processing) umumnya terdiri atas prosesproses komputasi data numerik, data non numerik, serta proses pengambilan keputusan.

Ada dua hal utama untuk meningkatkan proses komputasi yaitu dengan memparalelkan pemrosesan (menggunakan komputer multiprosesor), dan dengan mereduksi jumlah digit numerik setiap operand. Komputer multiprosesor memang dapat mempercepat penyelesaian proses komputasi karena banyak tugas akan dikerjakan dalam waktu yang bersamaan[1], tetapi ini tidak berarti mempercepat masing masing proses. Sebaliknya, dengan reduksi digit numerik tak signifikan pada operand akan dapat meningkatkan kecepatan masingmasing proses.

Mereduksi digit-digit tak signifikan berarti akan memperpendek waktu penyelesaian komputasi namun mengurangi tingkat ketelitian hasilnya. Kebanyakan para perancang pengambil keputusan kurang memiliki dasar yang kuat dalam menentukan berapa digit ketelitian yang diperlukan dalam perhitungan numerik. Umumnya hanya berpedoman bahwa semakin banyak digit yang diproses akan semakin baik hasil yang diperoleh, dan semakin valid (benar) keputusan yang diambil.

Penelitian di sini akan menunjukkan bahwa suatu komputasi yang harus memproses n digit untuk memperoleh ketelitian maksimum, sebenarnya dalam banyak hal, cukup hanya memproses m digit (m<n), untuk memperoleh hasil komputasi yang valid dan acceptable. Ini berarti sejumlah n-m digit tidak perlu diproses, dan hal ini tidak menjadi masalah apabila n-m digit tersebut merupakan digitdigit yang tidak signifikan.

Penggunaan computer untuk bisnis komersial yg pertama kalinya dikembangkan di United Kingdom, pada tahun 1951. proyek ini dikembangkan oleh English Electric untuk organisasi catering Joe Lyons. Proyek ini dikenal sebagai Lyon’s Electronic Office. Dikembangkan secara intensif pada tahun-tahun berikutnya dan dipergunakan secara meluas pada tahun 1960-an sampai dengan awal 1970.
Pada masa-masa awalnya, penggunaan system computer untuk bisnis komersial hanya dikembangkan dan dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar dan eksklusif. Karena pada saat itu,hanya mereka yg mampu menginvestasikan waktu, memenuhi kebutuhan untuk membeli hardware yg dibutuhkan, mempekerjakan staff ahli untuk merawat dan menggunakan software, dan bekerja sesuai konsekuensi organisasi dan perubahan jaman. Permulaannya organisasi-organisasi individual mengembangkan sendiri software mereka,termasuk didalamnya utility data manajemen organisasi tersebut.
Biaya perangkat keras (hardware) yg tinggi dan kecepatan processing yg relatif masih lambat membuat para developer harus menggunakan sumber daya dan fasilitas yg ada secara efisien. Format penyimpanan data (data storage) diperkecil. Contoh yg sangat jelas terlihat adalah dihapusnya angka abad pada format tanggal, yg secara tidak sengaja pada akhirnya menyebabkan terjadinya “millennium bug”.
Sejalan dengan waktu dan majunya industri-industri lainnya, penggunaan IT untuk komersial menjadi sangat diperlukan. IT menjadi bagian paling dasar dalam industri komersial dimanapun,mulai dari perusahaan besar sampai perusahaan terkecil sekalipun.
Software dan hardware pun mengalami perkembangan yg drastis. Software masa kini tidak hanya terikat pada satu pengembang misalnya Microsoft dengan MS officenya atau Lotus dan lain-lainnya. Sekarang ini sudah terdapat banyak sekali software dengan bermacam-macam kegunaan. Dari yg bersifat sederhana sampai yg mempunyai kemampuan memperingan pekerjaan seperti membuat payroll, manajemen personal, pekerjaan akuntansi dan manajemen personal, dll. Software semacam ini dikhususkan untuk staf di dalam pekerjaannya masing-masing sehingga menggunakan interface yg mudah dimengerti.
Data storage sekarang ini juga distandarisasi, berbagai program pengolah database mempunyai format yg bisa digunakan dalam software yg berlainan. Cara penyebarannya pun dipermudah dengan fasilitas online,input realtime, dan validasi.

sumber :

http://www.batan.go.id/sjk/eII2006/Page08/P08c.pdf

http://one.indoskripsi.com/node/2065

Iklan

Satu Tanggapan to “computer data processing”

  1. maaf maaf nnt akan saya perbaiki. ini masih salah dan gak kompeten… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: