baik- buruk “cyberspace friendship”

“cyberspace friendship” jika kita lihat dalam google terjemahan berarti ‘pertemanan dunia maya’…

Tak banyak yang mengatakan jika pertemanan dunia maya adalah hal yang aneh. Apa lagi di jaman sekarang ini, merupakan suatu hal yang biasa dan tidak asing bagi semua orang. Dari yang muda sampai yang sudah berumur pun ikut dan berpartisipasi dalam kemajuan teknologi yang satu ini.

Di sini kita bisa merasakannya dan mengalaminya sendiri jika kita sering atau pernah menggunakan internet. Bagi seorang mahasiswa di jaman sekarang internet sangat perlu. Disamping untuk menambah wawasan, juga dapat menambah teman dan rekan, serta dapat mempromosikan sesuatu.

Yang menarik di sini adalah ada banyak situs pertemanan lewat jaringan atau dunia maya ini. Misalnya friendster, netlog, twiter, flixter, facebook dan banyak lagi. yahoo pun sekarang sudah mulai menambah fitur pertemanan. Yang sedang ramai-ramai diperbincangkan oleh orang adalah “facebook”. Ada apa sebenarnya dengan facebook.

Saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman saya. Saya merupakan pengguna facebook pada tahun 2008 (kalau tidak salah ingat). Dan saya menghapus facebook saya pada tahun 2009. kenapa? saya akan beritahu alasannya yang mungkin banyak orang keberatan.

Ketika itu adalah saya sedang menyusun tugas akhir kelulusan D3 saya, dan di rumah ada internet 24 jam.sebagai individu yang belum tau seluk beluk dunia maya (padahal sekolahnya TI). Saya menghabiskan banyak waktu untuk FB dibanding penulisan ilmiah saya. Banyak orang mengatakan, itu adalah salah individunya yang tidak tahu akan kegunaan FB itu. Saya akui itu. Sedikit malu untuk mengakuinya, tetapi itu adalah suatu yang lumrah (manusia pernah salah). Di samping itu ada alasan lain yang tidak bisa saya utarakan di sini, yang jelas saya tidak suka dengan kehidupan pribadi yang terlalu dipublish.

Dengan menulis biodata itu adalah salah satu cara untuk memajang diri kita secara full. apa lagi ditambah komentar-komentar yang kita utarakan, foto-foto, serta kegiatan yang uptudate yang selalu di publish. Sangat menunjukan diri kita secara mendalam dan detail.

Sangat mudah sekali untuk orang mengenal kita tanpa harus bertemu. Tanpa harus mengobrol secara face to face. dengan jarak yang dimana saja bisa dilakukan. Sungguh ajaib teknologi.

Bisa kita lihat bahwa dengan kemajuan teknologi, kita bisa lebih mudah untuk melakukan segala hal. Pertemanan dalam dunia maya dapat menghasilkan dampak positive dan negative. Saya akan paparkan sedikit saja dari pengalaman dan cerita-cerita yang saya pernah dengar.

Positive:

1. Bisa menyambung tali silaturahim dengan rekan lama. Hanya dengan mengetahui email atau alamat bloknya dalam suatu situs pertemanan dunia maya.

2. Kita juga bisa melakukan promosi ke semua teman dan pengguna situs tersebut, sehingga barang-barang yang dipromosikan dapat tersampaikan ke semua teman atau pengguna situs tersebut.

3. Kita juga tidak perlu repot untuk mencetak undangan atau pun pengumuman, karena dengan situs tersebut, kita dapat mempublikasikannya.

4. Kita juga dapat sharing dengan teman melalui chat situs tersebut.

5. Kita dapat berbagi suka mau pun duka lewat status-status yang kita buat sendiri dan uptodate.

Negative:

1. Jika terlalu sering menyambung tali silaturahim menggunakan situs pertemanan dalam jaringan ini, maka akan sedikit orang yang berkeinginan untuk bertemu dengan saudaranya secara langsung. sehingga di khawaitrkan akan menjadi candu bagi yang sering menggunakan.

2. Kita tidak bisa secara langsung melihat kesungguhan dari pembeli atau peminat dalam mempromosikan sesuatu. Rentan akan penyalahgunaan alamat atau identitas penjual jika langsung di paparkan.

3. Biasanya tata-cara menggundang yang paling baik dan sopan adalah menggunakan undangan yang real, tidak dalam bentuk softcopy, dan lagi undangan tersebut dapat disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Orang menjadi malas bertemu denga rekannya, dikarenakan sudah adanya teknologi yang membuat perbincangan menjadi cepat dan mudah.

5. Orang lain akan tahu kondisi kita setiap kita update status, dan itu bisa disalah gunakan oleh orang/pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin sedikit saja yang bisa saya paparkan. Dan masih banyak lagi dampak-dampak yang ada. Untuk itu berhati-hatilah dan tetap waspada. Dimanapun dan apapun yang kita gunakan dan lakukan adalah sepenuhnya tanggung jawab diri kita masing-masing. Mulailah mencari tahu segala yang akan anda gunakan, khususnya teknologi. karena sudah banyak orang yang salah karena tidak tahu bagaimana sebaiknya teknologi yang maju ini digunakan.

Jadilah anda orang yang bisa mengendalikan diri-anda, meski tidak ada orang yang dapat anda percaya dan yakini lagi.

:: Tempat curhat paling indah hanyalah kepadaNya ::

Iklan

2 Tanggapan to “baik- buruk “cyberspace friendship””

  1. wah good banget neh thx ya..bisa buat belajar neh

  2. bagus artikelnya…
    wah kenapa nih ngapus account FB nya???
    hahahaha…
    ya intinya situs jejaring ga selamanya punya dampak negative dan positif.itu tergantung kita sebagai user.Untuk apa dan bagaimana kita menggunakan itu.
    betul????
    keep posting ya…
    ^_^
    jangan lupa kunjungin blog w juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: